August, Full Barakah!

Assalamu'alaikum sobat....

Agustus kemarin full barakah, alhamdulillah....:D

Kenapa ya? banyak banget berkah nya, di bulan lahir, terus bulan ramadhan dan syawal, dan juga bulan permulaan aku jadi instruktur, wow....subhanallah banget ya, sungguh nikmat Tuhan mu yang manakah yang engkah dustakan??

Indah Pada WaktuNya

Sepertinya itu yang bisa aku bilang, how come??

Betapa rencana Allah sangat indah, tertata rapi, dan tepat pada waktu yang indah....

Setelah hampir sebulan, aku dan partner kerjaku meminta jadwal, finally...akhir bulan agustus kami bisa masuk lab bahasa juga, horeeee!!

Tepuk-tepuk pundak masing-masing :D, at the first meeting kita ngadain pre-test dulu. Penasaran sama kompetensi mereka (siswa baru kami). Tesnya Listening, Grammar, Speaking, dan Reading. Apa pendapat mereka??? Setelah test biasanya aku tanya mereka, "What do you think about the test? is it difficult or easy?"

Dan apa respon mereka???

They answered nothing!

Ternyata mereka masih binggung sama pertanyaan yang aku tanyakan?hm....okay...dan aku harus menerjemahkannya, dan mereka bilang "....difficult Miss!!", "pusing....", "...mumet Mister, eh Missis"


Hehe....mereka masih binggung bagaimana memanggil aku, maklum lah. Dalam proses KBM, aku sebagai intruktur masih didampingi sama guru pengampu mereka. Mungkin aku masih dikhawatirkan karena gurunya kecil, dan harus berhadapan dengan murid-murid SMK yang kebanyakan laki-laki dan bongsoor. Auch seremm....awalnya, tapi bagaimanapun this is my job, my duty :) I've to responsible to myself!!

Well, sekarang sudah jalan 3 minggu aku disana. Lihat dari hasil pre-testnya, mereka masih sangat butuh bantuan. Karna aku lebih fokus ke listening-speaking jadi aku harus bener ekstra nge bimbing mereka. Inilah yang mengubah paradigmaku, antara profesi dan dedikasi. Saat masuk kedalam, kita harus total, apalagi program ini merupakan kesempatan besar buat mereka, bekal yang penting banget yang bisa ngebantu mereka klo kerja nanti. 

Karna uda observasi siswa dan lihat hasil tes-nya juga, pertama kudu ada pendekatan ekstra atau paling ngga bikin KBM fun dulu aja, biar mereka semangat dan ga bosen yaa.

At the first meeting, kita bahas tentang "movie", pasti banyak hal yang bisa di gali dari tema ini. Secara anak-anak pasti pada suka nonton film kan?dan juga kebetulan uda ada bioskop baru di kota ini,hehe...
Sebelum masuk ke materi, aku kasih brain storming dulu dengan beberapa pertanyaan like..:

>What is movie?movie is.....
>Have you ever gone to a movie? how often?
>Can you mention kinds of movies?

Setiap kelas punya jawaban yang beda-beda, namun rata-rata sama. Mereka ada yang jawab film, bioskop, dst. Ada beberapa yang belum pernah nonton dibioskop juga ternyata ya :)...oh...poor you.
Mereka juga saling bergantian menyebutkan jenis-jenis film.

Kemudian, lanjut ke listening....ada beberapa kelas yang pakai headset namun ada juga beberapa yang pake speaker room (biar jelas). Pertama aku kenalkan beberapa vocab terkait sama movie itself. Lanjut aku benerin pronounce mereka. Lumayanlah tapi ada yang masih misspronouncing. Gapapa...kita cek sama kamus online cara baca yang benarnya ya :). Disini fungsi drilling bermain besar, ajak siswa untuk mengulangi sampai 3x lalu tes mereka satu persatu jika cukup supaya kesalahan mereka terdeteksi lebih cepat :) sebelum masuk ke dialog.

Then,...setelah mereka benar mengucapkan, mulailah perkenalkan mereka dialog. Biarkan mereka dengarkan dialog tersebut. Setelah itu minta mereka untuk menirukan dialognya. Sambil membenarkan pelafalan, jelaskan juga kata-kata sulit yang ada, atau makna kalimatnya. 

Lalu, minta mereka untuk berlatih dengan teman sebelah mereka (in pair). Agar terpantau, cek tiap pasangan satu persatu supaya kita bisa membenarkan kesalahan pelafalan mereka. Jika masih salah melafalkan, ulangi-dan ulangi sampai mereka bisa.....


COntinue....





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pernikahan dan Tradisinya di Pekalongan

Mengajarkan Simple Past Tense Dengan Game

Report Text