Akhir Tahun Saatnya Berefleksi

Bismillah..
Akhir tahun masehi ini hampir berakhir, selama 22 tahun ini sudah berapa banyak amalan yang telah aku lakukan?dan berapa kali lipat dosa yang sudah ku lakukan dengan sengaja?
Ya Rabb, di penghujung tahun ini, ijinkan aku untuk merefleksi diri. Mengingat kembali masa-masa senang dan suram yang kulalui.
Masa senang yang tlah ku raih dalam sehatnya raga, meningkatnya prestasi, bertambahnya iman dan ukhuwah dien ini. Serta bertambah pula pengalaman baik pengalaman ilmu dan spiritual yang Kau tlah skenariokan untukku. Ijinkan aku bersyukur, ijinkan aku terus menyebut nanaMu, memuji kebesaranMu. Betapa diri ini sangat kecil, diri ini hina dimataMu. Astaughfirulloh..
Begitu banyak nikmat yang tlah Kau beri, namun tak selalu ku bersyukur. Kadang diri ini lupa dan terlena akan nikmat dunia yang tlah Kau berikan untukku, baik langsung atau lewat tangan-tangan yang tak ku kehendaki.
Ya Rabb sungguh Kau Maha Luas, Maha Perkasa, Maha Penyayang, Maha Pengasih terhadap hambaMu. Namun kami, dan aku khususnya sering ingkar dengan nikmat yang telah nampak dihadapan. Karena hati ini terhijab oleh kenikmatan dunia, tak dapat ku lihat itu. Tak dapat kulihat kenikmatan itu dengan rasa syukur, dengan memuji kebesaranmu, Subhanallah.

اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ
“ Yaa Allah..Bantulah hamba untuk (senantiasa ) mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, serta memperbaiki (kualitas) ibadahku kepada-Mu.”


Ya Alloh, ampuni dosa-dosa hamba. Walau aku selalu melakukan dosa, Kau tetap menyayangiku dengan memberikan berbagai ujian yang insyaAlloh menambah keimananku, menambah pengetahuanku akan dien Islam. Kau lah satu-satunya penolongku ya Rabb..

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ
“Ya Allah, Jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang suka bersuci”.
[HR. Tirmidzi]

Ampunilah aku, ampunilah segala dosa dan perilaku hamba yang Engkau murkai, hamba lalai, hamba sombong, hamba kufur atas segala nikmatMu, astaughfirulloh
Maafkan hamba yang selalu mencuri-curi cintaMu, cinta yang belum kau kehendaki untukku, maka ijinkan aku untuk lebih mencintaiMu ya Rabb..

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ وَالْعَمَلَ الَّذِى يُبَلِّغُنِى حُبَّكَ اللَّهُمَّ اجْعَلْ حُبَّكَ أَحَبَّ إِلَىَّ مِنْ نَفْسِى وَأَهْلِى وَمِنَ الْمَاءِ الْبَارِدِ (رواه الترمذي وقال حديث حسن)

“Ya Allah, aku mohon pada-Mu cinta-Mu dan cinta orang yang mencintai-Mu, amalan yang mengantarkanku menggapai cinta-Mu. Ya Allah, jadikan cinta-Mu lebih aku cintai melebihi cintaku pada diriku sendiri, keluargaku, dan air dingin.” ( HR. Tirmidzi, ia berkata ini hadits hasan )

Dekatkanlah aku dengan hamba-hambaMu yang sholeh dan sholehah. Bimbinglah kami terus dijalanMu yang lurus dan Engkau rahmati. Istiqomahkanlah kami, jadikan ukhuwah kami ini sampai ke surgaMu nanti.
Kami tau waktu kami terbatas, kami pun tidak tahu kapan Kau akan memanggil kami. Oleh karena itu berikanlah kami kebaikan di dunia dan akhirat,

اللّهُمَّ أَصْلِحْ لِي دِيْنِي الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الَّتِي فِيْهَا مَعَاشِي، وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِي الَّتِي إِلَيْهَا مَعَادِيْ وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلَِّ خَيْرٍ وَالْمَوْتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ

“Ya Allah perbaikilah untukku agamaku yang merupakan penjaga seluruh urusanku, perbaikilah duniaku untukku dimana di dalamnya ada kehidupanku, perbaikilah untukku akhiratku yang merupakan tempat kembaliku, jadikan kehidupan senantiasa menjadi tambahan kebaikanku, dan jadikan kematian sebagai istirahat dari segala keburukan, ”

Lindungilah kami, kedua orang tua kami, keluarga kami, guru-guru kami, saudara-saudara seiman kami dan mujahid-mujahid kami. Perkenankanlah kami untuk mendapatkan syafaat di Yaumil Akhir nanti. perkenankanlah kami untuk bertemu denganMu dan Rasululloh kelak di akhirat. Masukkanlah kami ke syurgaMu ya Rabb.Tempatkanlah kami di tempat yang terbaik, pertemukanlah kembali kami dengan saudara-saudara, keluarga, dan orang tua kami.
Jadikanlah kami, manusia-manusia yang selalu hijrah di jalanMu, oleh karena itu istiqomahkanlah kami, selamatkanlah kami di dunia dan akhirat
Yaa muqollibal quluubi tsabbit qolbi ‘alaa diinik,
“Wahai Tuhan yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku pada agama-Mu.” (HR. Tirmidzi).

 amin....ya Rabbal 'Alamin..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pernikahan dan Tradisinya di Pekalongan

Mengajarkan Simple Past Tense Dengan Game

Report Text