Melangkah


Assalamu’alaikum…



Hi sob, lama tak menyapa. Dan lama pula tak unjuk postingan di blog ku, hehe…
Menikmati pekerjaan baru nampaknya sedikit mengalihkan dunia maya ku, sesekali aku buka beberapa akun di dunia maya ku hanya sekedar mengecek apakah ada pesan atau informasi penting yang masuk. That’s it. Selebihnya waktuku untuk belajar dan menyiapkan materi. Alhamdulillah sob, sudah hamper 4 bulan ini aku menjadi tentor di salah satu lembaga bimbingan belajar yang terkenal di Indonesia. Banyak hal yang aku dapat, terutama cara menangani siswa yang berbeda-beda. “Terus gue harus bilang wow gitu?”, salah satu ungkapan yang sering diucapkan anak- anak dikelas ketika mereka tidak cukup jelas dengan materi yang aku sampaikan. Awalnya bener-bener kaget, karena situasi belajar di sekolah formal dan di lembaga bimbingan amatlah beda ya, disini justru ilmu menyampaikan materi yang mudah dan menyenangkan bagi siswa benar-benar aku dapatkan lebih riil dari pada ketika di bangku kuliah.  Banyak catatan-catatan penting yang mungkin harus diperhatikan oleh setiap guru untuk menyampaikan ilmu bagi siswa-siswanya dikelas. “Mengajar bukan hanya menyampaikan materi namun mentransfer ilmu itu kepada siswa sehingga dia paham dengan materi yang kita sampaikan”, salah satu nasihat dari tentor senior yang kebetulan juga guruku waktu SMA. Selama mengajar, aku jadi teringat dengan prinsip-prinsip CAR (Classroom Action Research) yang dulu pernah aku buat. Tiap kelas mempunyai masalah yang berbeda, oleh karena itu berangkat dari masalah yang kita amati maka diharapkan sebagai actor utama di kelas kita bisa melakukan action yang tepat dan juga refleksi terhadap gagal-tidaknya kita dalam mengajar. Sampai saat ini aku masih terus berproses, dan belajar untuk menjadi pendidik yang baik. Apalagi dengan wacana pemerintah yang akan menyeimbangkan pengetahuan dan nilai karakter di sekolah menambah motivasi ku untuk tidak hanya belajar materi yang berkaitan dengan ilmu yang saya sampaikan namun juga tentang akhlak yang bisa menjadi bekal untuk kemajuan akhlak anak-anak didik. Doakan ya sob, agar tiap langkah yang aku ambil memberikan manfaat yang besar untuk kehidupan sekeliling saya, amin….




Susi Nazahra ^^
Pekalongan, 16 Nov 2012

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pernikahan dan Tradisinya di Pekalongan

Mengajarkan Simple Past Tense Dengan Game

Report Text