Bentuk Sabar


Sabar itu tanpa batas sebab pahalanya pun tak terhingga (Surat Az-Zumar ayat 10), hanya saja bentuk  kesabaran bisa dipilih dan disiasati. Contoh memilih bentuk, menunda menikah dan menjaga kesucian itu sabar.  Menyegerakan nikah dan bersiap kemampuannya juga sabar. Mari bersabar dengan kesabaran yang jelita, seperti kesabaran Ya’qub (Surat Yusuf ayat 83), mengadu hanya kepada Allah, gagah di hadapan dunia.
Ayyub yang menahan sakit dan duka karena kehilangan milik dan cinta, itu sabar. Sulaiman yang tak gila kuasa dan tak mabuk kekayaan ketika kemaharajaannya menggurita, itu sabar. Nuh berdakwah dengan segala cara sampai berabad lamanya itu sabar. Yunus meninggalkan kaumnya lalu bertaubat di gelapnya perut ikan, itu sabar. Maryam beroleh anugerah mulia tanpa disentuh pria, itu sabar. Asiyah bersuamikan durjana Fir’aun yang menyejarah, itu juga sabar.
Nuh kehilangan putra durhaka ditelan itu sabar. Ibrahim diperintah disembelih putra taat dan berbakti, itu juga sabar. Musa memberi minum ternak dan mengabdi lama sebelum nikahnya, itu sabar. Yusuf memilih penjara daripada maksiat cinta, itu sabar. Khidir ajarkan hikmah pada Musa yang terus bertanya, itu sabar. Musa mau berguru pada Khidhir yang tindakannya aneh, itu sabar. Musa gagap kata dan pernah membunuh lalu didustakan, dia sabar. Muhammad Al-Amin berakhlak mulia tetap didustakan, dia juga sabar.

www.mencintaisederhana.com

dalam buku Kicau Merajut Makna "SALIM AF"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pernikahan dan Tradisinya di Pekalongan

Mengajarkan Simple Past Tense Dengan Game

Report Text