Tips before taking examination

Alhamdulillah, all praises to Alloh. 
Tak ada rasa lain, selain rasa syukur yang dalam, karenaNya telah mengabulkan doa ku.
"Finally..." kata salah satu sahabatku. Ya alhamdulillah, selsesai juga penantianku sama thesis tercintaku. Aku pun sudah diuji oleh empat dosenku. Wow, tadinya bener-bener penasaran gmn sih rasanya di uji skripsi?alhasil setelah tanya teman, sana sini banyak yang bilang klo ujian skripsi tak semengerikan kaya teman2 lain pikirkan lho. And finally, I prove it:)
Jadi buat sahabat-sahabat sekalian yang mau ujian skripsi, jangan cemas berlebihan, yakin lah anda bisa dan ingat mereka juga sama2 manusia. Jadi hanya kepada Alloh lah anda pantas takut dan berlindung.
Berikut ada sedikit tips buat sahabat sekalian yang binggung dan grogi menghadapi ujian, bukan bermaksud menggurui atau apa, namun ada banyak pengalaman yang bisa menjadikan pelajaran agar anda tidak melakukan hal yang sama:)
1. Pastikan naskah anda benar-benar sudah siap (no errors)
2. Siapkan presentation dengan sebaik mungkin, kaliamat yang jelas, padat==>jgn terlalu banyak slide(yg penting ada point2 yg anda tampilkan dari tiap bab.Jgn lupa diprint dan di fc untuk jaga-jaga jika listrik mati.
3.  Minta teman-teman anda untuk menghandle adaministrasi ataupun konsumsi. Percayakan pada yg ahli agar anda tidak kecewa dan khawatir:)
4. Segera kumpulkan naskah dan mengingatkan kembali kepada dosen penguji akan tanggal, hari, jam dan tempat ujian.
5. Jangan lupa juga presensi dan kebutuhan yg akan anda bawa saat ujian. Semuanya sdh harus fix maximal sehari sebelum ujian.
6. Menyendiri atau berfokus pada keperluan anda sendirri dapat membantu anda untuk berelaksasi dan menambah konsentrasi.
7. Makan-makanan yang sehat agar tubuh anda fit. Kalau pun anda puasa sebelum ujian, pastikan saat anda buka, kebutuhan gizi dan vitamin tercukupi:)
8. Banyak meminta restu keluarga, teman dan kerabat anda. Unutk menambah motivasi dan memperlancar ujian.
9. Perbanyak ibadah, doa, dan dzikir.Dan jangan lupa bersedekah untuk mengurangi beban anda.
10. Malam hari sebelum ujia, sempatkan untuk jalan-jalan sebentar (merefresh pikiran). Jauhkan naskah dan buku-buku sejenak.
11. Tidur lebih awal
12. Bangun lebih awal pula agar badan anda fresh. Jika kurang mantap bolahlah anda mengecek perlangkapan dan sedikit membaca slide yang akan dipresentasikan.
13. Mandi dan siap-siap lebih awal
14. Jangan lupa sarapan dan minum air putih + gula. Bawa juga air putih+gula kedalam ruangan. Larutan ini bisa membuat anda agak tenang di ruang ujian (saya sudah membuktikannya)
15. Datang ke kampus paling tidak satu jam sebelum ujian untuk mempersiapkan semuanya.
16. Gunakan waktu yg tersisa untuk berdoa dan berdzikir sebanyak mungkin agar pikiran anda tenang.
17. Selamat ujian, yakinlah anda bisa. Sebut nama orang tua anda dan Bismillah, semoga sukses!:)


semoga bermanfaat ya sahabat^^



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pernikahan dan Tradisinya di Pekalongan

Mengajarkan Simple Past Tense Dengan Game

Report Text